Rahsia Cincin Nabi Sulaiman as

Wahab bin Munbih mengatakan bahwa cincin Sulaiman as berasal dari langit yang memiliki empat sisi. Diantara sisinya tertulis kata “Laa Ilaha Illallahu Wahdahu Laa Syariika Lahu Muhammadun Abduhu wa Rosuuluhu, artinya : ‘Tidak ada tuhan selain Allah tidak ada sekutu bagi-Nya. Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya” Pada sisi kedua tertulis,”Allahumma Maalikal Mulki Tu’til Mulka Man Tasya wa Tanzi’ul Mulka Man Tasya wa Tu’izzu Man Tasya wa Tuzillu Man Tasya, artinya : ‘Wahai Allah Raja yang memiliki kerajaan, Engkau berikan kekuasaan kepada yang Engkau kehendaki, Engkau cabut (kekuasaan) dari orang yang Engkau kehendaki, Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki” Pada sisi ketiga tertulis,”Kullu syai’in Haalikun Illalloh. Artinya : ‘Segala sesuatu akan musnah kecuali Allah.” Dan pada sisi keempat tertulis,”Tabarokta Ilahiy Laa Syariika Laka. artinya : ‘Maha suci Engkau wahai Tuhanku yang tidak ada sekutu bagi-Mu.” Cincin tersebut memiliki cahaya yang bersinar yang apabila dikenakan maka akan berkumpul para jin, manusia, burung, angin, setan dan awan.

Dia juga mengisahkan bahwa suatu hari Sulaiman hendak berwudhu maka ia menyerahkan cincinnya itu kepadanya (budak perempuannya yang bernama Aminah). Ketika itu ada jin yang bernama Sokhr yang mendahului Sulaiman masuk ke tempat wudhu dan bersembunyi dibalik pintu. Tatkala Sulaiman memasuki tempat wudhu untuk menunaikan keperluannya lalu setan itu keluar dari dalam tempat wudhu dengan menyerupai wajah Sulaiman sambil mengibas-ngibas jenggotnya yang bekas wudhu dan tidak berbeda sama sekali dengan Sulaiman dan mengatakan –kepada Aminah,”Cincinku wahai Aminah.” Aminah pun memberikan cincin tersebut kepadanya dan dia meyakini bahwa ia adalah Sulaiman maka cincin itu pun berada di tangannya. Lantas dia pun duduk di singgasana Sulaiman sehingga golongan burung, jin, setan pun tunduk kepadanya.

Tak berapa lama Sulaiman as selesai berwudhu dan mengatakan kepada Aminah,”Cincinku.” Aminah pun bertanya,”Siapa anda?” Dia menjawab,”Aku Sulaiman bin Daud.” Dan tampak terdapat perubahan pada penampilannya. Aminah berkata,”Engkau bohong, sesungguhnya Sulaiman telah mengambil cincinnya dan saat ini dia tengah duduk di singgasanan kerajaannya.” Maka tahulah Sulaiman bahwa dia telah mendapati suatu kesalahan.” (Mukhtashor Tarikh Dimasyq juz III hal 379)

Wahab bin Munbih juga menjelaskan bahwa pada saat Sulaiman ke kamar kecil maka setan yang menyerupai Sulaiman mendatangi budak perempuannya tanpa ada kecurigaan darinya. Setan itu lalu mengambil cincin tersebut darinya, meletakkannya di jarinya dan langsung pergi ke istana Sulaiman serta duduk diatas singgasananya. Berdatanganlah para tentaranya dari golongan manusia, jin dan burung dan mereka semua berdiri dihadapannya sebagaimana biasanya. Mereka menyangka bahwa ia adalah Sulaiman.

Tatkala Sulaiman keluar dari kamar kecil dan meminta cincin dari budak perempuannya itu lalu budak perempuan itu melihat kearahnya dan tampak terdapat perubahan didalam penampilannya. Budaknya pun bertanya,”Siapa kamu?” Dia menjawab,”Aku Sulaiman bin Daud.” Budak itu berkata kepadanya,”Sulaiman telah mengambil cincinnya, dia sudah pergi dan duduk diatas singgasananya.” Sulaiman pun menyadari bahwa setan telah memperdayai budak perempuannya dan mengambil cincin darinya.

Kemudian Sulaiman pun berlari ke padang tandus hingga pada suatu ketika ia merasa sangat lapar dan dahaga. Dan terkadang ia meminta kepada orang-orang agar memberikannya makanan sambil mengatakan,”Aku Sulaiman bin Daud.” Namun orang-orang tidak mempercayainya. Sulaiman berada dalam keadaan lapar dan tanpa tutup kepala ini selama 40 hari.

Sampailah Sulaiman di tepi pantai dan dia menyaksikan sekelompok nelayan lalu ia pun menghampiri dan bekerja bersama mereka sebagai seorang nelayan. Kemudian Asif bin Barkhoya berkata,”Wahai orang-orang Bani Israil sesungguhnya cincin Sulaiman telah dicuri oleh sekelompok setan dan sesungguhnya Sulaiman telah pergi dengan ketakuan diwajahnya.” Tatkala setan yang duduk di singgasana itu mendengar perkataan tersebut maka ia pun pergi menuju lautan dengan perasaan takut dan membuangnya. Cinicin yang dibuang itu lalu dimakan oleh ikan salmon yang kemudian ikan itu dijaring oleh Sulaiman dengan izin Allah swt.

Dan ketika Sulaiman menyembelih perut ikan tersebut maka ia mendapati cincinnya berada didalamnya lalu dia pun memakainya di jarinya dan bersujud syukur kepada Allah swt. Setelah itu dia kembali ke singgasananya dan duduk diatasnya sebagaimana disebutkan didalam firman Allah swt :

وَلَقَدْ فَتَنَّا سُلَيْمَانَ وَأَلْقَيْنَا عَلَى كُرْسِيِّهِ جَسَدًا ثُمَّ أَنَابَ

Artinya : “dan Sesungguhnya Kami telah menguji Sulaiman dan Kami jadikan (dia) tergeletak di atas kursinya sebagai tubuh (yang lemah karena sakit), kemudian ia bertaubat.” (QS. Shaad : 34) – (Bada’i az Zuhur fii Waqo’i ad Duhur juz I hal 85)

About these ads

Perihal Sifuli

Bicara tentang makan minum, tidur baring, dan beranak pinak yang membina adat resam untuk kehidupan rohani, jasmani, jiwa dan raga. Diantara weblog Sifuli yang popular adalah seperti berikut: Dukun Asmara bicara tentang beranak pinak. Hipnotis Sifuli bicara tentang tidur baring. Jalan Akhirat bicara tentang adat resam (agama) Doa Ayat dan Zikir untuk rohani jasmani jiwa dan raga. Jika tak suka sekali pun janganlah tinggalkan komentar yang keterlaluan. Kerana segalanya adalah sekadar ilmu pengetahuan. Wasalam.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

20 Responses to Rahsia Cincin Nabi Sulaiman as

  1. RadenMas says:

    Agaknya masih ada lagi ke cicin Nabi Allah Sulaiman yg sebenar-benarnya? Kerana Allah tidak akan menjadikan sesuatu itu tanpa sebab. Kalau boleh RadenMas nak dapatkan sebentuk.

    • DARWANTO says:

      saya punya batu cincin tanpa sabuk {mata cincin} berwarna Hijau & saya pernah bertanya sama orang tua / orang pintar & beliau menyarankan saya untuk mencari tau fungsi dari batu itu dengan cara membaca didalam kisah Nabi”SULAIMAN.
      nama batu tersebut SULAIMAN SARIF.
      mohon petunjuknya agar saya tidak sampai jadi hamba ALLAH yg musrik karena batu ini.
      mohon bimbingannya untuk merawat batu ini & memakainya diJalan ALLAH.
      Trimakasih.

  2. nabi sulaiman ada menolong menghalau nyamuk dari rumah saya

  3. alhamdulillah tambah lagi pengetahuan ane,,,,

  4. waduh batu nabi..tolol meren

  5. A,,,B,,,…ASSLMKM Tuan,..Adakah Gambar itu Cincin Nabi ALLAH Sulaiman Bin Daud?

  6. Ahmad says:

    Cincin Nabi Sulaiman itu kini dimiliki oleh seorang Melayu Islam Malaysia.allaaHu akbar.

    • man says:

      betul ka? cam ne awak tau ??

      • Ahmad says:

        @ Dia dapat dari gurunya berbangsa jin. Jin itu khodam kepada Ratu Balkis, iaitu salah seorang isteri Nabi Sulaiman. Logiknya barang peninggalan Nabi Sulaiman jika tidak jatuh kepada anak, akan jatuh kepada isteri, iaitu Ratu Balkis.
        @ Bukan semua jin bercakap bohong. Ada jin2 Islam yang lebih warak dari kebanyakan manusia.
        @ Logiknya cincin itu akan jatuh ke tangan manusia Muslim yang tidak akan menyalah guna, yang berguru, dan yang bersabar dalam menghadapi ujian Tuhan.
        @ Orang itu mengguna cincin Nabi Sulaiman untuk berbagai tujuan, antaranya pendinding, penunduk, pelaris, pemanis, pemudah urusan, perubatan dll. Semuanya dengan izin Tuhan.
        @ Tentulah orang Melayu Islam itu telah mendapat anugerah Tuhan.

  7. Adi S says:

    Cincin Nabi Sulaiman memiliki kekuatan yang dasyat, konon bisa menguasai Manusia dan jin.

    • hamba humble says:

      ya bisa kawal jin..tapi ngak dapat kawal manusia..kecuali manusia yg lompong..ya sudah tentu bole si..

  8. mhn ma’af/MO TANYA?cicin apa aja yg di pake nabi sulaiman as…..sblm nya mks,,,

  9. adhi says:

    pantsan malasia kaya raya tp aku mau brtnya, apkh itu cincin asli. setahu sy cincin itu pasti sangt besar,krn jmn nabi sulaiman orang nya pd besar 2 tdk sprti bntk mnusia skarang ini, apa cincin itu menyusut , itu msh aku ragukan

  10. gw juga pake batu sulaiman,enak aja sich bawaan nya,tq utk info nya

  11. iswandi says:

    ane banyak koleksi batu cincin gan. mauuuuuuuuu!!!!!!!!!

  12. jadi tidak musyrik dong kalau orang percaya bhw cincin tertentu punya kekuatan magic , seperti dapat menggaet wanita cantik. Nabi saja utk bisa menundukkan jin musti pake itu cincin. Seperti kerajaan Mataram punya tombak pusaka utk kekuatan tentara dan rajanya.

  13. samsul says:

    terserah ente semua, yg penting ambil sisi positifnya aja ok..All

  14. de craw says:

    untuk masalah tarekh kadang bnyk cerita yg gk logis dan qt hanya bisa mengambil hikmahnya aja…

Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s