Kisah manusia yang menyelami Segitiga Bermuda

Banyak tempat yang misterius di muka Bumi, namun Segitiga Bermuda atau sering disebut ‘Segitiga Setan’ — wilayah lautan di Samudera Atlantik — dianggap yang paling angker. Dan kisah keangkeran tempat itu menyebar ke seantero jagat. Kisah itu menyebar lewat buku, iklan produk telekomunikasi hingga film layar lebar. Banyak yang belum tahu di mana sesungguhnya letak wilayah misterius itu.

Segitiga Bermuda itu sesungguhnya adalah wilayah di dalam garis imajiner yang menghubungkan tiga wilayah yaitu Bermuda, Puerto Riko, dan Miami di Amerika Serikat.

Orang-orang yang menetap di Bermuda, sudah sekuat tenaga melawan rupa-rupa kisah horor itu. Sebab daerah yang hidup dari parawisata ini bisa dijauh pelancong gara-gara kisah serem itu
.
Seorang kakek 80 tahun asal Bermuda, William Gillies baru saja mengeluarkan buku berjudul ‘Reefs, Wrecks & Relics — Bermuda Underwater Heritage’ atau ‘Karang, Bangkai Kapal, dan Relik – Warisan Alam Bawah Laut Bermuda’.

Dalam bukunya, Gillies menceritakan pengalamannya menyelami Lautan Bermuda. Seperti dimuat The Royal Gazette, Rabu 28 April 2010, meski tak mungkin lagi turun ke air, tapi ingatannya tentang masa mudanya sebagai pencari harta di bangkai kapal, belum pupus.

“Dengan menyelam, saya mengetahui kekayaan laut Bermuda,” katanya. Salah satu dari memori awalnya tentang laut Bermuda adalah peristiwa tenggelamnya sebuah kapal mewah Spanyol, Cristobal Colon di wilayah Karang Utara, 25 Oktober 1936. Saat kapal itu tenggelam, Gillies masih berusia enam tahun.

Gillies memulai penyelamannya pada 1965, saat dia berusia 35 tahun. Penemuan sebuah bel dari kapal tua yang tenggelam memicu gairahnya untuk menyelam dan mencari sisa-sisa harta yang karam di dasar laut.
Objek-objek menarik di pasir dan sekitar bangkai kapal sering dia temukan. Misalnya potongan lampu tua berbahan bakar minyak ikan paus.

Kadang dia dan pendamping selamnya menemukan pecahan atau potongan tembikar atau porselen.
Beberapa potongan itu dia rekonstruksi menggunakan fiberglass dan getah damar. Beberapa karya restorasi Gillies kini dipajang di Bermuda Underwater Eksplorasi Institute (BUEI).
Beberapa benda diakui Gillies misterius. Misalnya, dia menemukan pipa karatan yang tersimpan di peti kayu di sebuah kapal layar yang hancur dan tenggelam di awal tahun 1900-an.
Ada lagi benda berbentuk sekelompok kristan berbentuk cincin kecil. “Ini mungkin digunakan seorang wanita untuk menghias gaunnya,” kata dia.

***

Pengalaman Gillies jauh dari kesan horor Segitiga Bermuda. Itu juga yang dirasakan masyarakat setempat.
The Royal Gazette pada tahun 1992 pernah memuat berita kemarahan penduduk Bermuda pada sebuah iklan telepon genggam yang sesumbar, dengan produknya, orang tetap bisa berkomunikasi, meski ‘tersesat di Segitiga Bermuda’.

“Ini akan membunuh pariwisata Bermuda. Kita harus menuntut orang ini,” kata pengusaha pariwisata, RJ Zuill, saat itu.

Orang-orang yang melihat iklan itu mengatakan pada istrinya, mereka tak akan pernah pergi ke Bermuda karena momok Segitiga Bermuda itu.

“Ini sangat konyol. Kapal dan pesawat melewati wilayah kita setiap hari dan tak ada apapun yang terjadi,” kata dia.

***

Ilustrasi Segitiga Bermuda

Misteri Segitiga Bermuda kali pertama dipopulerkan tahun 1960-an, termasuk oleh buku “Segitiga Bermuda” yang dikarang Mr Charles Berlitz. Kepercayaan adanya kekuatan jahat di wilayah ini menyebar ke seluruh dunia.

Keyakinan ini dipicu banyaknya kapal dan pesawat yang hilang secara misterius di Segitiga Bermuda. Yang pertama diketahui adalah tenggelamnya kapal HMS Rosalie pada 1840, hingga hilangnya Kapal Freighter Genesis setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent pada 1999.
Yang paling terkenal adalah hilangnya Penerbangan 19, yang terdiri lima pesawat pembom milik angkatan laut Amerika Serikat.

Pesawat-pesawat ini terakhir terlihat di Fort Lauderdale, Florida pada tanggal 5 Desember 1945. Lalu menghilang, setelah melaporkan mereka melihat hal aneh dan tak masuk akal.
Tak hanya awak dan badan pesawat yang raib, regu penyelamat yang bertugas mencari mereka tak ditemukan.
Banyak versi soal Segitiga Bermuda, ada yang mengatakan di lautan itu mengandung gas methan yang menyebabkan kapal dan pesawat lenyap tersedot di bawah laut.
Ada yang mengatakan daerah Segitiga Bermuda memiliki medan gravitasi, yang menyebabkan alat navigasi tak bisa bekerja. Juga berkembang teori, bahwa kapal dan pesawat itu diculik oleh UFO karena melintas di pangkalannya.

Ada pula yang menghubung-hubungkan Segitiga Bermuda dengan kota Atlantis yang Hilang karena ditemukan piramida di dasar laut Segitiga Bermuda. Juga ada yang menyebut bahwa segitiga itu adalah lorong waktu.
Selain itu, lokasi Segitiga Bermuda sebagai pusat bertemunya antara arus air dingin dari Amerika Utara dengan arus air panas dari Afrika — di Samudera Atlantik diyakini sebagai istana setan.
Juga ada yang percaya Dajjal — iblis yang akan memunculkan diri di hari kiamat — saat ini berdiam di Segitiga Bermuda itu sampai menjelang akhir zaman.arifzever

About these ads

Perihal Sifuli

Bicara tentang makan minum, tidur baring, dan beranak pinak yang membina adat resam untuk kehidupan rohani, jasmani, jiwa dan raga. Diantara weblog Sifuli yang popular adalah seperti berikut: Dukun Asmara bicara tentang beranak pinak. Hipnotis Sifuli bicara tentang tidur baring. Jalan Akhirat bicara tentang adat resam (agama) Doa Ayat dan Zikir untuk rohani jasmani jiwa dan raga. Jika tak suka sekali pun janganlah tinggalkan komentar yang keterlaluan. Kerana segalanya adalah sekadar ilmu pengetahuan. Wasalam.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

38 Responses to Kisah manusia yang menyelami Segitiga Bermuda

  1. bobtaring says:

    laknatullah dajjal akn kwa dari segitiga…masenye dah xlame g..pkuatkanlah iman kamu sume umat NABI MUHAMMAD S.A.W..

  2. sherindila says:

    jadi versi mana yang benar yang mengatakan tentang segitiga bermuda ?

  3. amelia says:

    Woww jdi bingung dgn cerita Gillies dgn ilsturasi masyarakat dgn cerita segitiga bermuda!

  4. sifat dajjal itu ada dalam setiap makhluk bernama manusia, kalau tidak di kontrol dengan iman makanya jadilah dajjal kecil. Jangan menunding jari mencari kesalahan orang lain lihatlah kelemahan yang ada dalam diri. Yang penting kita tidak menjadi dajjal………

  5. kisah segitiga bermuda memang sampai skr masih jd perdebatan.

  6. putri tatipata says:

    wow bagusnya aku kepingin tau bayak ni karan aka suka yg horor horor gitu deh

  7. Indah says:

    Jangan pasrah dulu ingetin segitiga bermuda…
    Gak yakin,nih
    masa disana seram banget?
    Menurutku,
    disana hanya ada kejadian biasa dan tempat biasa.
    Persis kata teman2 qu.

    Moga2 gak ada yg takut ya…
    Comment aku gak takutin kalian..
    Hanya pada tuhan tempat yg paling tepat untuk kita berserah diri…

    Indah maniez

  8. Indah says:

    Halo….
    Serem banget nih..
    Apa bener?
    Bingung!
    Duhhh… Takut nih , masa beneran? :( moga2 di indo gk ada soalnya sedih.,
    nanti jelek deh, indonesianya.
    Makanya berdoa sering2 sama tuhan . Biarlah cerita menyebar dan bikin merinding kita dengar. Tapi, jngn pikirin banyak tentangnya. Bisa parahin pikiran loh..!!

    Salam buat yg baca comment aq ya.. Ada 2!
    Babay…

  9. agustriana ze'a says:

    didunia ini serba kemungkinan,semua bisa terjadi atas kehendak Alloh,agar kita berfikir

  10. febriyandaningrum says:

    segitiga bermuda memang misterius…..
    hanya Allah yg mengetahuinya….

  11. Rastana says:

    emmm…dah nak sampai kot..???

  12. allahhuallam
    deh
    kita kan nggak tw

  13. Berita says:

    Menarik. Thanks infonya.

  14. Mensith says:

    Semua punya pendapat,semua punya tekat…manusia hanya bisa menaksir tp ALLAH yg miliki takdir…jangan takut akan misteri tp takutlah pada ILLAHI ROBBI pencipta misteri…
    Karena semua kejadian di dunia adalah sebagi bukti” kekuasaanNYA…

  15. - says:

    Errmmmm.. Bgi lh bnyk sikit info .. Nk thu sngt laa ..

  16. Pingback: MANUSIA PEMENYELAMI SEGITIGA BERMUDA? | dwulan918

  17. Afiz says:

    Dari dulu cita22 q mau menjadi s.orang peneliti,. Itu karena aq ingin melakukan penelitian d.segitiga bermuda,. Karena cerita d.atas aq jadi semakin penasaran.., :-(

  18. Destu andini says:

    Betul sekali d segitiga bermuda tempat dajjal dan d akhr zaman dajjal bru keluar yang bsa memusnahkan dajjal yaitu nabi isa .a.s. Turun ke bumi. Wallahualam

  19. ekosardola says:

    membingungkan…..

  20. baldus sae delu says:

    misteri Sang Ilahi memang tak bisa diselami oleh jiwa manusia yang dangkal iman dan kepercayaannya akan kemaha-kuasaan dari Sang Ilahi itu sendiri.

  21. ain says:

    wallahualam

  22. Sufia says:

    Assalamualaikum..kepada semua umat muslim…bila baca topik ‘segitiga bermuda’ menyebabkan banyak persoalan kan.apa2 pun,kita tahu kan dajjal,yakjuj n makjuj akan keluar juga di akhir zaman bila berlakunya kiamat.maka,jom la kita semua persiapkan diri dgn penuhkan iman di hati utk Allah s.w.t…semoga jalan kehidupan kita diredhai y Maha Esa

  23. Sastra says:

    Bagus cerita’a,,,

  24. aja da says:

    jozzzzzzzzzzz

  25. Alanda says:

    Penjelasan yg lbih rinci ada ga … sdah ada yg nyelam d bermuda tuh.

  26. chucky says:

    sy nak tau lbih bnyak lagi lah tp mana nak cari ye?sbb sy sdang kaji tntang segitigi bmuda ni

  27. vici aidil faizin says:

    hanya satu prinsip hidup kita di dunia :)
    Tuhan yang Esa adalah Allah SWT… rasul kita Nabi Muhammad SAW … pedoman kita AL_QURAN :) kuatkan iman kita sebelum ajal yang akan menjemput kita :) semuaanya belum terlambat ;) dengan berniat melakukan kebaikan itu adalah sebuah kebaikan yang pertama anda dapat :)

  28. Emi says:

    Jadi bingung :/
    Yg mana sih yg benar ?

  29. tina mujahidahula says:

    Sangat mnkutkan

  30. Jan gampang dii tipuu !!!!
    Inii semua cuma MITOS !!!
    Masa iyya mereka tauu tempat nya dajjall !!!
    MUSTAHIL woee !!
    Bagi anda yang muslim !!!
    Kalau kita percaya tentang cerita di atas kita termaksud orang yang MUSRYKK !!
    Sama ajj kita gk percaya ada nya tuhan !!!!

  31. zhaa dhizaa says:

    bingungg!!!

Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s