Keris Pusaka Setan Kober



Kyai Setan Kober adalah nama keris milik Adipati Jipang, Arya Penangsang. Keris ini dikenakan pada waktu ia perang tanding melawan Sutawijaya.

Suatu saat tombak Kyai Pleret yang dipakai Sutawijaya mengenai lambung Arya Penangsang, hingga ususnya terburai.

Arya Penangsang dengan sigap, menyangkutkan buraian ususnya itu pada wrangka atau sarung-hulu keris yang terselip di pinggangnya, dan terus bertempur. Saat berikutnya , Sutawijaya terdesak hebat dan kesempatan itu digunakan oleh Arya Penangsang untuk segera penuntaskan perang tanding tersebut, dengan mencabut keris dari dalam wrangka atau ngliga keris (menghunus), dan tanpa sadar bahwa wilah(an) atau mata keris Kyai Setan Kober langsung memotong ususnya yang disangkutkan di bagian wrangkanya. Ia tewas seketika.

Sutawijaya terkesan menyaksikan betapa gagahnya Arya Penangsang dengan usus terburai yang menyangkut pada hulu kerisnya. Ia lalu memerintahkan agar anak laki-lakinya, kalau kelak menikah meniru Arya Penangsang, dan menggantikan buraian usus dengan rangkaian atau ronce bunga melati, dengan begitu maka pengantin pria akan tampak lebih gagah, dan tradisi tersebut tetap digunakan hingga saat ini.

About Sifuli

Bicara tentang makan minum, tidur baring, dan beranak pinak yang membina adat resam untuk kehidupan rohani, jasmani, jiwa dan raga. Diantara weblog Sifuli yang popular adalah seperti berikut: Dukun Asmara bicara tentang beranak pinak. Hipnotis Sifuli bicara tentang tidur baring. Jalan Akhirat bicara tentang adat resam (agama) Doa Ayat dan Zikir untuk rohani jasmani jiwa dan raga. Jika tak suka sekali pun janganlah tinggalkan komentar yang keterlaluan. Kerana segalanya adalah sekadar ilmu pengetahuan. Wasalam.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 Responses to Keris Pusaka Setan Kober

  1. zhediek berkata:

    .,hmm pantes pas lg married banyak yg bilang gw gagah hehehe.,

  2. SENIMAN berkata:

    AHHH.. ELO TAU ITU SETAN KOBER DARI MANA ??
    YANG ASLI ADA DI GUWE KOQ..

  3. J. Heru Warsono berkata:

    ITULAH KITA MANUSIA SERING TDK ADIL,KLAU TAKTIK/STRATEGI PIHAK SUTOWIJOYO KITA KATAKAN CERDAS & OK KARENA KEBERPIHAKAN KITA KEPADANYA..KALAU ITU DILAKUKAN OLEH MUSUH KITA KATAKAN SI BELANDA KITA KATAKAN CURANG, LICIKLAH.
    KOMENTAR SEWAKTU BELUM JADI PENJABAT KAYAK IYAK-IYAKO YG INI SALAH YG ITU BODOH, SESUDAH JADI PENJABAT YA SAMI MAWON.
    ADAKAH YG MASIH ADIL & JUJUR HARI INI ?
    TERMASUK DIRIKU SENDIRI????????????/

Tinggalkan komen